Selasa, 12 Juni 2012

THE BEST CHOICE



THE BEST CHOICE-Diri gua yakin bahwa setiap individu manusia pernah mengalami saat dimana kita dituntut untuk memilih pilihan terbaik antara dua hal atau lebih. Dalam suatu buku gua pernah baca suatu kutipan bahwa “untuk mendapatkan pilihan yang baik kita harus mengorbankan suatu hal”, gua lupa apa judul itu buku. Tapi menurut gua kutipan itu bener banget, jadi kita pasti akan menghadapi pilihan sulit dalam hidup dan terkadang kita harus mengorbankan sesuatu yang kita miliki tanpa terkecuali. Hal yang paling mendapatkan pilihan adalah masalah keuangan, tidak bisa dipungkiri masalah ini, perusahaan kecil dan besar juga masih sering mengalami masalah tentang pilihan terbaik dalam pengalokasian. Dan dalam diri gua pernah dan sering gua mengalami hal seperti itu.
Contoh kasusnya pengalokasian sumber dana atau lebih gampangnya sering kita sebut uang saku dari orang tua sendiri, dalam kasus itu gua bener-bener dipaksa muter otak dan akal supaya uang itu bisa digunain dengan bener, nggak kurang dan sebisa mungkin ada sisa unutk ditabung (banyak banget nggak tu). Yah pokoknya disitu dalam kasus ini bener-bener dituntut penghematan pengeluaran. Walaupun awalnya berat dan susah banget tapi akhirnya gua bisa sampai sekarang ngejalanin itu semua dan terkadang harus bener-bener ngorbanin sesuatu tanpa pengetahuan orang tua pastinya karena gua berprinsip nggak pernah ngeributin dan ngerepotin
kedua ibu dan bapak terutama dari segi finansial.
Dan gua punya beberapa tips jika kalian semua ngadepin masalah keuangan terutama pilihan terbaik dalam hal pengalokasian uang:
Pertama, buat daftar laporan keuangan sederhana untuk kita sendiri, jangan terlalu rumit cukup laporan uang masuk dan keluar aja. Kedua, daftar rincian barang yang bener-bener kita perluin dan inget jangan boros dan tahan keinginan untuk membeli barang yang nggak perlu. Ketiga, sebisa mungkin min 2 minggu sekali atau 1bulan uang sisa yang ada segera ditabung di bank, untuk menghindari laper mata karena ngeliat uang yang banyak didompet kita sendiri. Keempat, kalau bisa kita cari uang tambahan untuk menambah kas kita, nggak perlu berat karena takutnya mengganggu belajar kita. Kelima atau terakhir, jangan mudah putus asa dan menyerah dalam menjalankan ini karena gk bisa berhasil kalu hanya dicoba beberapa kali tanpa keseriusan.
Nah itu sedikit tulisan pengalaman gua dan tips tentang the best chocie pengalokasian uang. Walau belom tentu prinsip, kemauan dan proses setiap orang berbeda-beda semoga dengan tulisan yang sedikit itu bisa membantu kiat semua dan bisa sukses untuk masalah pengaturan uang.
Original Created by edward

Tidak ada komentar:

Posting Komentar