PEMBAHASAN
P.T. MUSTIKA
RATU, Tbk
A. Profil
Perusahaan
PT. Mustika ratu, Tbk merupakan salah
satu perusahaan manufacturing yang tercatat (listing)
di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 27 juli 1995 dengan menerbitkan 80.000.000
lembar saham pada perdagangan perdananya.
PT. Mustika Ratu Tbk merupakan
perusahaan yang menjadi sponsor utama dalam Pemilihan Puteri Indonesia dan
sekarang sudah mulai Go Internasional dengan mengirimkan Puteri Indonesia untuk
mengikuti pemilihan Miss Universe. Dengan tujuan untuk mengangkat image
produk-produk Mustika Ratu yang mengusung kosmetika tradisional ke pasar
Internasional.
PT. Mustika Ratu merupakan perusahaan
kosmetik dan perawatan kesehatan terbesar dan terkemuka di Indonesia.
Perusahaan ini banyak di incar oleh beberapa perusahaan raksasa seperti
perusahaan kosmetik oriflamme yang merupakan perusahaan asal swedia yang
berupaya untuk membeli hak paten Mustika Ratu untuk di pasarkan di Eropa, dan
selain itu juga perusahaan Unilever Indonesia juga berupaya untuk mendekati dan
membeli saham PT Mustika Ratu,
Di dalam negeri PT. Mustika Ratu
merupakan perusahaan yang memiliki image yang baik dimata konsumen, karena
kebanyakan produk-produknya di gunakan oleh artis, dan merupakan slah satu
perusahaan yang mengedepankan bahan-bahan alami dari tumbuh-tumbuhan ditengah
isu maraknya kosmetik yang mengandung bahan kimia yang berbahaya, tidak hanya
itu perusahaan juga menerapkan strategi pemasarn yang menggunakan endorser
sebagai pendorong penjualan.
Saat ini, ada banyak produsen kosmetik
di Indonesia. Tetapi hanya sedikit perusahaan yang memproduksi kosmetik dengan
bahan baku alami atau herbal. MRAT sebagai produsen kosmetik dan perawatan kesehatan
muncul sebagai pelopor dalam mengembangkan produk dengan menggunakan bahan
herbal. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di dalam industri ini, MRAT dapat
mempertahankan secara konsisten budaya asli Indonesia. Era modern tidak
menghambat penjualan MRAT untuk tumbuh. Sebagai bukti, MRAT membuktikan
kelasnya dengan menjadi salah satu produsen kosmetik dan perawatan kesehatan
terbesar di Indonesia. Di 2010, angka laba bersih naik sebesar 16,19% menjadi
Rp 24 miliar dari sebelumnya Rp 21 miliar di periode yang sama di 2009.
Peningkatan laba bersih juga terjadi pada 1Q2011. MRAT mencatatkan penjualan
sebesar Rp 83 miliar, lebih baik dari 1Q2010 yang hanya Rp 79 miliar.
Dalam menyambut era pasar bebas
ini tantangan yang menunggu para pelaku industri
kosmetik di dalam negeri memang tidak hanya berasal dari persaingan antar sesama
pemain local tetapi juga pemain asing
yang mulai marak memasuki pasar dalam negri. Tidak hanya itu sejak
pertengahan tahun lalu, peredaran kosmetik impor asal China terus menggebrak pasar dalam negri dengan
produk-produknya yang terkenal murah. Namun MRAT tampaknya tidak terpengaruh dan terus
menunjukkan keberhasilannya yaitu Mustika Ratu mampu membukukan kenaikan
penjualan 12,27% menjadi Rp345,58 miliar dibandingkan Rp307,80 miliar pada
2008. Laba usaha pada 2009 mencapai Rp41,55 miliar atau
meningkat 64,24% dibandingkan dengan Rp25,30 miliar pada 2008. Analis PT
Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Dipo Akbar Panuntun menilai efisiensi
perseroan berperan besar dalam pencapaian peningkatan laba usaha. “Mustika Ratu
sukses menekan beban usaha dari 47,45% menjadi 44,44%, sehingga mereka
membukukan margin usaha yang lebih baik yaitu sebesar 12,02% pada 2009
dibandingkan dengan 8,22% pada 2008,” paparnya dalam riset yang dipublikasikan
pada 26 Oktober lalu. Pada periode Januari-September tahun ini, penjualan
tumbuh 4,14% menjadi Rp252,41 miliar dibandingkan dengan Rp242,38 miliar pada
periode yang sama tahun lalu.
B. Profil Pendiri Perusahaan
BRA
Mooryati Soedibyo adalah anak seorang mantan
Bupati Brebes, bernama KRMTA Poornomo Hadiningrat, BRA Mooryati Soedibyo merupakan cucu
Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta, lahir di Surakarta, 5 Januari 1928 sebagai
puteri yang tumbuh di dalam Kerajaan Keraton
Surakarta, dibawah pengawasan kakek dan neneknya. Tradisi
keluarga yang aristokrat sudah menjadi bagian hidup sehari-hari dari puteri ini
sejak kecil. Dengan sangat sabar dan perhatian, puteri keraton ini mempelajari
keterampilan meramu bahan-bahan alami untuk dibuat Jamu untuk perawatan
kesehatan dan kecantikan.
BRA Mooryati Soedibyo
Dibimbing langsung oleh eyang
puterinya, BRA Mooryati
tak hanya mempelajari tetapi juga mewarisi pengetahuan memilih tetumbuhan
berkhasiat, serta meraciknya menjadi ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan
maupun kecantikan yang selama ini hanya menjadi monopoli para bangsawan. Menginjak
usia 15 tahun, BRA Mooryati
sudah menguasai teknik tata rias dengan baik. Puteri yang cekatan ini mulai
membantu merias penari Bedhaya dan Serimpi yang akan pentas di Keraton.
Pada tahun 1956, BRA Mooryati menikah dan
meninggalkan kehidupan keraton yang serba dilayani. Ia mulai terjun ke
masyarakat, memasuki kehidupan perkawinan dengan mendampingi dalam tugas-tugas
suaminya. Dengan hidup barunya inilah, datang kesempatan untuk mengembangkan
ketrampilannya. Dalam mengisi waktu luangnya, ibu muda ini membuat lulur dan
jamu untuk diberikan secara cuma-cuma kepada isteri teman sejawat suami.
Keterampilan BRA Mooryati Soedibyo menjadi
terkenal di kalangan ibu-ibu setempat. Ibu-ibu yang hendak mengawinkan anaknya
minta tolong dibuatkan jamu Komajaya, Komaratih, Lulur, Mangir, Parem lengkap,
dan lain lain. Saat itu belum terlintas untuk berwiraswasta di bidang jamu dan
kosmetika tradisional. Semua itu beliau lakukan semata-mata sebagai hobi, bukan
bisnis. Akan tetapi, merasa senang dengan pesanan yang meningkat dari
teman-temannya, pada tahun 1973 beliau memulai untuk membuatnya dalam skala
besar, di garasi rumahnya, dibantu dengan dua orang pembantu.
C. Sejarah
P.T. Mustika Ratu, Tbk
Awal pendirian PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT) pada tahun 1975, dimulai dari
garasi kediaman Ibu BRA. Mooryati Soedibyo. Tahun 1978 PT. Mustika Ratu Tbk
mulai menjalankan usahanya secara komersial, yaitu dengan memproduksi jamu yang
didistribusikan di Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Medan. Dalam
perkembangannya permintaan konsumen semakin meningkat, hingga pada tahun
1980-an MRAT
mulai mengembangkan berbagai jenis kosmetika tradisional.
Pada tanggal 8 April 1981 pabrik MRAT resmi di operasikan.
Dalam rangka memperkokoh struktur permodalan serta mewujudkan visinya sebagai perusahaan
Kosmetika dan Jamu Alami Berteknologi Tinggi Terbaik di Indonesia. MRAT melakukan
penawaran umum perdana dan mencatatkan sahamnya di PT. Bursa Efek Jakarta pada
tahun 1995. MRAT
memulai menerapkan standar internasional ISO 9002 tentang Sistem Manajemen Mutu
serta ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan sejak tahun 1996. Ruang
lingkup kegiatan MRAT meliputi pabrikasi, perdagangan dan distribusi jamu
dan kosmetik tradisional serta minuman sehat, dan kegiatan usaha lain yang
berkaitan.
Selama tahun 2005 Perseroan telah mnegadakan training “The Power of Motivation and Personality”.
Training yang dihadiri oleh 77 karyawan yang terdiri dari level Supervisor,
Superintendent dan manajer tersebut bertujuan untuk memperbaiki karakter
karyawan sehingga dapat berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja. Di
samping itu, Perseroan juga mengadakan training “Kiat jitu mengoptimalkan
Performa Karyawan dengan prinsip Empati”. Training yang khusus ditujukan bagi
para manajer ini menginformasikan tentang kiat-kiat untuk meningkatkan performa
karyawan dengan prinsip empati. Dalam training tersebut dibahas cara-cara jitu
untuk mengelola anak buah dan mempertahankan loyalitas bawahan dengan
pendekatan empati. Selama tahun 2005 Perseroan telah mengirim 23 karyawan untuk
mengikuti barbagai pelatihan maupun seminar dan workshop yang bertujuan untuk
meningkatkan kompetensi kerja dari karyawan.
PT. Mustika
Ratu Tbk berdomisili atau berkantor pusat di
Jalan Gatot Subroto Kav. 74 – 75, Jakarta Selatan dan pabrik berlokasi di Jalan
Raya Bogor KM 26,4 Ciracas Jakarta Timur.
Perusahaan ini pun telah lama tumbuh berdasarkan prinsip tersebut.
Produk-produk jamu dan kosmetika tradisional Mustika Ratu dibuat dari
bahan-bahan alami. Hampir seluruh produk diramu sesuai resep leluhur, pusaka
Keraton Surakarta Hadiningrat, yang diwariskan turun menurun. Namun kini
produk-produk ini dibuat dengan menggunakan teknik dan mesin modern yang
memenuhi standar ketat kualitas dan keamanan. Berawal dari usaha rumah tangga, kini
telah tumbuh menjadi perusahaan consumer products yang besar. Produk-produk
Mustika Ratu kini menempati posisi puncak di pasar domestik dan diterima baik
di pasar luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura. Bertolak dari
keberhasilan ini, perusahaan berencana untuk meningkatkan ekspor dan penetrasi
ke pasar internasional. Mustika Ratu kini memusatkan usahanya pada produk jamu
dan kosmetika tradisional, yang kategori produknya baik jenis produk maupun
mereknya terus berkembang.
Mustika Ratu akan terus menyempurnakan dan mengembangkan setiap
aspek usahanya. Dengan ini, kami berharap untuk terus meningkatkan performa
perusahaan sekaligus meningkatkan kontribusi pada masyarakat.
Setelah mendapat tanggapan positif dari negara sendiri, Mustika Ratu
mencoba melangkah ke mancanegara. Di tengah persaingan yang semakin ketat dan
kompetitif untuk menembus pasar internasional, Mustika Ratu melakukan ekspor ke
sejumlah negara. Pasar terbesar Mustika Ratu adalah Malaysia, menyusul Brunei
dan Singapura.
D.
Visi Dan Misi Perusahaan
Dalam memformulasikan strategi
diharapkan perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas dalam rangka
mengimplementasikan strategi perusahaan yang sesuai dengan visi misinya, dimana
visi dan misi perusahaan PT. Mustika Ratu, Tbk. Adalah:
Visi perusahaan
Menjadikan warisan
tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan/kebugaran
dan kecantikan / penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi
berkelanjutan, namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang
berasal dari alam.
Misi perusahaan
Falsafah
kesehatan/kebugaran dan kecantikan/penampilan paripurna (holistic wellness) yang telah lama ditinggalkan masyarakat luas, digali kembali oleh seorang Puteri Keraton
sebagai royal heritage untuk dibagikan kepada dunia sebagai karunia Tuhan dalam
bentuk ilmu pengetahuan yang harus dipertahankan dan dilestarikan.
E. Posisi Bisnis
Perusahaan
Berawal
dari usaha rumah tangga, kini MRAT telah tumbuh menjadi perusahaan consumer products yang besar.
Produk-produk MRAT kini menempati posisi puncak di pasar domestik dan diterima baik di
pasar luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Asia Timur,
Eropa Timur, Timur Tengah dan beberapa negara Afrika. Bertolak dari
keberhasilan ini, perusahaan berencana untuk meningkatkan ekspor dan penetrasi
ke pasar internasional lainnya. MRAT kini memusatkan usahanya pada produk jamu
dan kosmetika tradisional yang kategori produknya, baik jenis produk maupun
mereknya terus berkembang.
Perusahaan Mustika ratu memanfaatkan
semangat “back to nature”, banyak
orang diseluruh dunia kini beralih menggunakan produk-produk yang terbuat dari
bahan alami dan proses produksinya tidak merusak alam yang sejalan dengan
kampanye-kampanye global warming yang akhir-akhir ini marak. MRAT sebagai salah
satu produk kosmetika tradisional Indonesia yang saat ini sudah mencapai
puncaknya berusaha untuk terus menyempurnakan dan mengembangkan setiap aspek
usahanya. Bila dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang besar, sekitar 220
juta jiwa, dan hampir lebih dari setengahnya adalah kaum wanita, Mustika Ratu
mempunyai kesempatan untuk mendominasi pasar kosmetika nasional dengan
produk-produknya yang berbahan dasar alami.
MRAT pada tahun 2011 berusaha untuk
melakukan ekspansi pasar internasional dengan menggebrak pasar Amerika dan
Eropa Barat. Selain produk kosmetik, perusahaan raksasa milik Mooryati Soedibyo
ini juga akan melakukan ekspansi terhadap produk jamu dan herbal.
F. Budaya Perusahaan
1.
Mengutamakan
peningkatan kepuasan pelanggan
2.
Bekerja dengan budaya
kekeluargaan dan keakraban
3.
Menghargai integritas
dan profesionalisme yang tinggi
4.
Menunjang kerjasama dan
gotong royong dalam mencapai tujuan bersama
G.
Pesaing Bisnis
Banyaknya kompetitor baik dari dalam
negeri maupun luar negeri yang menawarkan harga yang lebih kompetitif dan murah
dengan hasil yang lebih maksimal merupakan kendala yang harus ditangani oleh
PT. Mustika Ratu Tbk agar konsumennya tetap loyal menggunakan produk mereka.
Tantangan yang menunggu para pelaku industri kosmetik di dalam negeri
memang tidak hanya berasal dari persaingan antar sesama pemain lokal. Sejak
pertengahan tahun lalu, peredaran kosmetik impor asal China terus menunjukkan
peningkatan. Pada 2009, penguasaan pasar dalam negeri oleh kosmetik dari China
naik 10% menjadi 30% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan nilai impor mencapai
US$25 juta-US$30 juta. Produk asal China bisa dengan mudah menarik hati pembeli
karena ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Harga kosmetik impor dari
China lebih murah 10%-20% dibandingkan dengan harga produk lokal. Kompetisi
yang kian ketat tak lantas membuat pemain lokal terjerembap. Tengok saja
kinerja Mustika Ratu, emiten produsen kosmetik, yang pada tahun lalu yang masih
mampu menangguk pertumbuhan pendapatan (Analis PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)
Dipo Akbar Panuntun).
Seperti yang diketahui, mulai
banyaknya produk kecantikan murah dari luar negeri yang menyerbu Tanah Air, hal
ini dapat dilihat juga dari keikutsertaan mereka dalam pameran Cosmobeaute
Indonesia 2006 yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu dan adanya
perusahaan yang menerapkan Multi Level Marketing (MLM) pada produk kecantikan
yang sedikitnya 80% dari 100 peserta pameran tersebut berasal dari luar negeri
yang menawarkan berbagai macam produk dan peralatan kecantikan.
Penurunan daya beli konsumen di
karenakan adanya persaingan dari produk luar yang promosinya lebih agresif
seperti memberikan katalog produk mereka sehingga konsumen dapat mengetahui
produk yang ditawarkan. Hal itulah yang mempengaruhi penjualan di industri
kosmetik dan perlu diperhitungkan oleh PT. Mustika Ratu dalam mempertahankan
produknya agar tetap exist di pasaran.
Beberapa pesaing perusahaan PT.
Mustika Ratu, Tbk. Yang merupakan perusahaan-perusahaan kosmetika Indonesia :
Tabel Perusahaan-perusahaan dalam industri Kosmetik di
Indonesia
No
|
Nama Perusahaan
|
1
|
PT. Unilever Indonesia, Tbk
|
2
|
PT. Mustika Ratu, Tbk
|
3
|
PT. Rudy Soetady & co. Ltd
|
4
|
PT. Yasulor
|
5
|
PT. Vita Pharm
|
6
|
PT. Marta Tilaar
|
7
|
PT. Rista Indolab
|
Perusahaan-perusahaan dalam industri kosmetik berusaha
mengeluarkan suatu produknya, persaingan pada industri ini memberikan tantangan
kepada masing-masing perusahaan.
H.
Strategy Perusahaan
a. Strategi Korporasi
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) membidik target laba bersih sebesar Rp
47,5 miliar pada 2011, melesat 92% dibandingkan laba bersih pada 2010 sebesar
Rp 24,78 miliar. Chief Executive Officer
(CEO) Mustika Ratu Putri K Wardhani menjelaskan, peningkatan laba tersebut
seiring strategi perseroan mempertahankan pasar local dan proyeksi penjualan
ekspor tahun ini sebesar 30%. Salah satunya, kata dia, dengan mengintegrasikan
penjualan, distribusi, pemasaran, promosi, dan peluncuran produk baru (ipotnews
Friday, October 14, 2011).
Perseroan juga akan melakukan proses-proses akuisisi merek kosmetik
untuk mencapai pertumbuhan secara cepat dan optimal. Selain itu juga melakukan
pengembangan ekspor di kawasan Tiongkok dan Asean. Sejalan dengan itu,
perseroan juga melakukan kemitraan dengan salah satu perusahaan besar dari
Filipina serta medirikan gerai-gerai spa dalam bentuk waralaba untuk mendukung
ekspansi tersebut.
Khusus untuk pasar ekspor, MRAT
berencana membidik pasar baru di Afrika dan Timur Tengah. "Kami akan
lebih fokus ekspansi ke negara-negara Timur Tengah dan Afrika. Semula kami mau
ekspansi ke Perancis pada 2012, tetapi kami harus melihat dulu kondisi terakhir
di sana," ujar Putri. Strategi meningkatkan penjualan adalah
memproduksi produk baru yang high demand.
Sedangkan untuk pasar lokal, MRAT akan memperkuat penjualan di pasar menengah
ke bawah.
Sehingga pada kesimpulannya PT.
Mustika Ratu, Tbk. Menerapkan Agresif strategi pada level corporasi.
I.
Strategi Bisnis Perusahaan
a.
Strategi Promosi
Strategi yang dapat dilakukan pihak
manajemen PT. Mustika Ratu untuk memperbaiki strategi promosinya selama ini
yang menggunakan endorser puteri Indonesia.
b.
Strategi Penjualan
Dalam upaya meningkatkan pertumbuhan
penjualan ke depan, perusahaan senantiasa memperbaiki sistem pendistribusian
barang agar penyebarannya dapat merata ke seluruh pelosok daerah baik melalui
cabang-cabang perseroan yang dibantu dengan depo-deponya maupun dari
distributor-distributor yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh
Indonesia. Perseroan juga terus meningkatkan penetrasi pasar di mancanegara
yang mengalami pertumbuhan penjualan cukup besar pada tahun 2005.
c.
Strategi Pelayanan
Di pertengahan tahun 2005, perseroan
membentuk consumer service center untuk mengaplikasikan konsep-konsep pemenuhan
harapan pelanggan terhadap produk-produk perseroan. Dengan adanya consumer
service center ini, perseroan diharapkan dapat berinteraksi dengan konsumen
akhir , pelanggan maupun mitra usaha dan pada akhirnya dapat menciptakan
hubungan yang harmonis diantara mereka.
d.
Strategi Pemasaran
Perseroan terus mempertahankan
posisinya sebagai pemimpin dalam pasar domestik dan mancanegara dengan
memproduksi dan memasarkan produk untuk segala jenis usia, jender maupun
tingkat social masyarakat. Sebagai pelopor kecantikan, Perseroan senatiasa
mengikuti trend tat arias yang menjadi dambaan seluruh wanita Indonesia dengan
meluncurkan Trend Warna 2006 “Swarna Puspa Swarga” untuk seri Mustika Ratu dan
“Uniquely You” untuk seri Mustika Puteri sebagai trend setter dalam tat arias
remaja.
e.
Strategi SDM
Perseroan secara aktif terus
mengembangkan seluruh aspek yang berhubungan dengan sumber daya
manusia.Pengembangan usaha perseroan menuntut adanya sumber daya manusia yang
handal dengan standar kualitas yang tinggi pada setiap lini organisasi. Strategi
utama yang dilakukan oleh perseroan adalah membangun dan mengembangkan
kapabilitas organisasi untuk mendukung pertumbuhan usaha.
f.
Strategi Pasar Luar Negeri
Dalam rangka memenuhi permintaan
pasar luar negeri atas produk-produk perseroan. Pada tahun 2005 Perseroan telah
membuka pasar ekspor baru untuk Negara China dan Pakistan.Sedangkan rencana
pengembangan pasar ekspor ke depan meliputi beberapa Negara seperti Nigeria,
Philipina, dan Thailand. Saat ini perseroan tengah giat melakukan strategi
pemasaran khususnya di Negara Malaysia dengan meningkatkan penetrasi pasar di
modern market dan menempatkan sales representative pada tiap-tiap distributor. Sedangkan
untuk Negara-negara lainnya strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan
penambahan jenis item produk misalnya produk Ginteh di Arab Saudi dan produk
seri Ayudara di Negara Rusia.Sedangkan di Negara Brunei Darussalam dan
Hongkong, perseroan melakukan penerapan system Pareto Product sehingga
persediaan produk menjadi lebih terkontrol dan service level
meningkat.Disamping itu, perseroan terus meningkatkan promosi terutama kegiatan
promosi below the line.
g.
Strategi Distribusi
Perseroan memiliki jaringan
distribusi yang luas, di beberapa cabang di kota-kota besar di pulau Jawa
ditambah dengan puluhan distributor di seluruh Indonesia dan Mancanegara.
h.
Strategi Produksi
Dalam melakukan proses produksi
perseroan telah menerapkan CPKB (Cara Produksi Kosmetika yang Baik) dan CPOTB
(Cara Produksi Obat Tradisional yang Baik) agar hasil produksinya bisa diterima
pasar local maupun mancanegara.Dalam iklim bisnis yang tingkat persaingannya
sangat ketat, tuntutan produk yang sesuai dengan selera konsumen menjadi sulit
karena pilihan dipasar yang sangat beragam, sehingga diperlukan produk yang berkualitas,
praktis dan ekonomis.
J.
Produk-produk Mustika Ratu
Produk-produk Mustika Ratu mencakup
jamu, kosmetik tradisional, dan minuman sehat. Kegiatan PT.Mustika Ratu
meliputi pembuatan, perdagangan serta pendistribusian jamu dan kosmetik
tradisional juga minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami.
Brand-brand di bawah PT. Mustika Ratu ada tujuh buah, yaitu Mustika Ratu,
Mustika Puteri, Bask For Men, Biocell, Ratu Mas, Moors dan Taman Sari Royal
Heritage Spa.
Produk-produk Mustika Ratu mencakup:
·
Uric Tea, yaitu teh kesehatan
yang mengatasi masalah asam urat dengan cara menurunkan kadar asam urat
tersebut.
·
Jamu ramuan herbal tradisional.
·
Amuspa dan Buketan sebagai
produk perawatan pribadi dan kosmetik.
Beberapa brand lain yang
merupakan anak dari PT. Mustika Ratu adalah Mustika Puteri yang lebih ditujukan
untuk remaja puteri, Bask For Men merupakan produk perawatan tubuh khusus pria,
Biocell lebih bersifat pada perawatan untuk mencegah penuaan, Ratu Mas yang
berupa produk untuk luluran, Moors merupakan jajaran produk make up
profesional, dan Taman Sari Royal Heritage Spa adalah tempat perawatan
kecantikan berupa spa.
Jajaran produk Mustika Puteri yang
merupakan versi remaja dari Mustika Ratu adalah Acne Line, Basic Makeup,
Fashionista, Decorative, Whitening Series, Cologne, Deodorant dan Supplement.
Sementara itu, untuk Bast For Men jajaran produknya lebih sedikit, yaitu Splash
Cologne, Deo Spray Cologne, Deodorant Roll-On, dan Jack-Met Odor Eliminator.
Brand Mustika Ratu
lain yang cukup terkenal adalah Biocell dan Ratu Mas. Jika Biocell lebih fokus
pada produk perawatan penuaan, jajaran produknya terdiri dari tiga kategori.
Kategori tersebut antara lain Sun Flower untuk mencegah penuaan dini di usia
lebih dari 25 tahun, Algae untuk mencegah penuaan di usia 40 tahun, dan Basic
Make Up. Ratu Mas sendiri adalah produk untuk luluran.
Contoh Produk Mustika Ratu
Keamanan Produk Mustika Ratu
Akhir-akhir ini
banyak produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti:
mercuri(Hg), Hidroquinon > 2%, zat warna Rhodamin B, dan merah K.3. Biasanya
produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya akan menjanjikan wajah
akan tampak lebih putih dalam waktu yang
singkat, sehingga banyak masyarakat terutama kaum perempuan tergiur untuk
membeli dan menggunakannya.
Merkuri inorganik
dalam krim pemutih (yang mungkin tak mencantumkannya pada labelnya) bisa
menimbulkan keracunan bila digunakan untuk waktu lama. Walau tidak seburuk efek
merkuri gugusan yang tertelan (yang dari makan ikan tercemar), tetap
menimbulkan efek buruk pada tubuh. Kendati cuma dioleskan ke permukaan kulit,
merkuri mudah diserap masuk kedalam darah, lalu memasuki sistem saraf tubuh.
Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan sistem saraf, seperti tremor, insomnia, kepikunan, gangguan penglihatan, gerakan tangan abnormal (ataxia), gangguan emosi, selain depresi. Oleh karena umumnya tak terduga kalau itu penyakitnya, kasus keracunan merkuri, sering salah didiagnosis sebagai kasus Alzheimer, Parkinson, atau penyakit gangguan otak.
Selain merkuri, Hidroquinon yang kandungannya diatas 2 % juga dikategorikan sebagai bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Saat ini hidrokuinon masih digunakan sebagian produsen pemutih karena hidroquinon mampu mengelupas kulit bagian luar dan menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit tampak hitam.
Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan sistem saraf, seperti tremor, insomnia, kepikunan, gangguan penglihatan, gerakan tangan abnormal (ataxia), gangguan emosi, selain depresi. Oleh karena umumnya tak terduga kalau itu penyakitnya, kasus keracunan merkuri, sering salah didiagnosis sebagai kasus Alzheimer, Parkinson, atau penyakit gangguan otak.
Selain merkuri, Hidroquinon yang kandungannya diatas 2 % juga dikategorikan sebagai bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Saat ini hidrokuinon masih digunakan sebagian produsen pemutih karena hidroquinon mampu mengelupas kulit bagian luar dan menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit tampak hitam.
Hidroquinon tidak
boleh digunakan dalam waktu yang lama, dan jika pemakaiannya lebih dari 2
persen, harus di bawah kontrol dokter. Penggunaan hidroquinon yang berlebihan
bisa menyebabkan oochronosis terhadap orang berkulit gelap.
Oochronosis adalah
kulit berbintil seperti pasir dan berwarna coklat kebiruan. Penderita
oochronosis akan merasa kulit seperti terbakar dan gatal.
Sedangkan bahan
pewarna Merah K.10 ( Rhodamin B ) dan Merah K.3 (CI Pigment Red 53 : D&C
Red No. 8 : 15585) merupakan zat warna sintetis yang pada umumnya digunakan
sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta. Zat warna ini dapat menyebabkan
iritasi pada saluran pernapasan dan merupakan zat karsinogenik (dapat
menyebabkan kanker) serta Rhodamin dalam konsentrasi.
Tapi produk
kosmetik Mustika Ratu jauh dari semua itu, karena Produk Mustika Ratu dibuat
dari bahan alami pilihan di proses secara modern dan higienis. Mustika Ratu
telah mendapatkan sertifikat ISO 9002 dan ISO 14001 sejak tahun 1996 serta GMP
(Good Manufacturing Product) sejak tahun 2004. Sehingga memberikan keyakinan
kepada konsumen atas kualitas produk yang ramah lingkungan.
K.
Bisnis Spa Mustika
Ratu dan Lokasinya
Mustika Ratu memiliki dua nama untuk
tempat perawatan kecantikan atau spa, yaitu Taman Sari Royal Heritage
Spa dan Java Princess. Nama Taman Sari terinspirasi oleh suatu taman yang
dibuat oleh Sultan Hamengku Buwono I pada 1757 yang merupakan perpaduan
arsitektur Jawa dan Portugis.
Tempat ini terkenal dengan Istana Air
Taman Sari yang merupakan tempat pemandian keluarga kerajaan Jawa. Di tempat
pemandian tersebut para pangeran dan puteri dapat menikmati perawatan
kecantikan demi menyeimbangkan jiwa, raga, sukma, pikiran, dan jiwa. Secara
filosofi, Mustika Ratu sepertinya memang sangat keraton.
Taman Sari Royal Heritage Spa
didirikan oleh PT. Mustika Ratu pertama kali pada 1997 di Sheraton Mustika
Hotel, Yogyakarta. Menyusul pendirian tersebut maka pada September 2000
dibukalah Taman Sari Royal Heritage Spa di Jakarta.
Tempat spa Mustika Ratu yang
lain adalah Java Princess yang menerapkan konsep spa tradisional
berdasarkan budaya kerajaan Jawa. Perusahaan juga menawarkan kerjasama
bisnis spa baik itu Taman Sari Royal Heritage maupun Java Princess
dengan sistem waralaba.
Hal ini turut menunjang perkembangan pembukaan
tempat spa Mustika Ratu di beberapa daerah yang lain, mencakup wilayah
Anyer, Bintan, Kampung Sampireun Garut Jawa Barat, Palembang dan Riau. Bahkan
ekspansi tempat spa Mustika Ratu juga merambah ke
dunia internasional, mencakup beberapa wilayah, seperti Bulgaria, Republik
Ceko, Kanada, Langkawi, Malaysia, dan Zao Jepang.
Berikut ini adalah dua lokasi tempat spa
Java Princess di Indonesia, yaitu Mustika Ratu Centre, lantai dasar di
Graha Mustika Ratu tepatnya di bilangan Jakarta Selatan. Alamat lengkapnya
adalah Mustika Ratu Center, lantai dasar di Graha Mustika Ratu, Jln. Gatot
Subroto Kav. 74-75 dengan nomor telepon yang dapat dihubungi adalah 0811888585.
Lokasi lainnya adalah Java Princess
Cirendeu, yaitu di Jln. Cirendeu Raya No. 9.Mustika Ratu juga melakukan langkah
internasional dengan didirikannya Java Princess di Makovskeho Republik Czech
dan Malaysia. Di Czech Republik, usaha spa ini didirikan di Republic
Czech tepatnya di Praha. Begitu pula denga Mustika Ratu Salon Health dan Spa
yang bertempat di Wisma Mustika Ratu No. 10 Jalan 5/91A, Taman Shamelin
Perkasa.
Beberapa lokasi Taman Sari Royal
Heritage adalah di Jakarta Pusat tepatnya di Jln. K. H. Wahid Hasyim 133,
Bintaro yaitu Jln. K. H. Wahid Hasyim No. 33 Blok FG-12 Sektor 7 Bintaro Jaya,
Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2F, Anyer tepatnya di Sanghyang Indah Spa
Resort Jln. Raya Kebon Jeruk Km. 128, Garut terdapat di Kampung Sampireun
Resort & Spa, dan Yogyakarta juga bertempat di Sheraton Mustika Yogyakarta
Jln. Laksa Adi Sucipto.
Selain itu, beberapa lokasi spa Mustika
Ratu ini antara lain adalah Bali, Pekan Baru, Palembang, dan
Bintan. Sementara itu, Mustika Ratu terus melakukan pengembangan usahanya
hingga ke luar negeri. Berikut ini adalah contoh dari nama-nama negara
yang sudah diperbolehkan, yaitu Kanada, Jepang, Ceko, Malaysia, dan Bulgaria.
L.
Pemegang Saham
Pemegang saham PT. Mustika Ratu, Tbk
sebagian besar dimiliki oleh keluarga sebesar 71,26%, sisanya berada dalam
public. Hal ini berarti bahwa perusahaan memiliki kendali penuh terhadap
manajemen perusahaan.
Tabel
PT. Mustika Ratu Tbk
The Shareholders
As Of March 31, 2011
The Shareholders
As Of March 31, 2011
Pemegang Saham
|
Number of Stocks Issued and
Fully paid
|
Percentage of Ownership
|
Amount (Rp)
|
PT
Mustika Ratu Investama
|
305.002.000
|
71,26%
|
38.125.250.000
|
Mellon
S/A Investors PAC Intl
|
38.453.500
|
8,98%
|
4.806.687.500
|
Public (each below 5%
ownership)
|
84.544.500
|
19,75%
|
10.568.062.500
|
Jumlah
|
428.000.000
|
100,00%
|
53.500.000.000
|
M.
Akuisisi Saham PT. Mustika Ratu, Tbk. Oleh PT. Unilever Indonesia,
Tbk.
PT. Unilever Indonesia berupaya meningkatkan minat para pemain Fast Moving Consumer Goods (FMCG) global
untuk kembali hadir di pasar, baik melalui akuisisi maupun peningkatan
investasi.
Unilever Indonesia terus mempertahankan pertumbuhannya dengan berfokus pada
konsumen. Kami pun terus mengembangkan pasar dengan meningkatkan jumlah
pengguna produk kami, serta meningkatkan konsumsi dari pengguna yang sudah ada.
Kami juga berfokus ke produk yang menghasilkan keuntungan lebih. Kami
meningkatkan inovasi di seluruh portofolio agar kami tetap unggul dalam
persaingan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sesuai dengan kemampuan mereka.
Salah satu cara untuk menycapai tujuan tersebut adalah dengan mengakuisisi saham PT. Mustika Ratu, Tbk
yang memiliki prospectus dan keahlian dalam bidang kosmetik herbal, jika hal
ini dapat direalisasi berarti perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk beruasaha
memperluas pasar dengan berupaya mengakuisisi saham PT. Mustika Ratu, Tbk. Yang
sahamnya sebagian besar dimiliki oleh keluarga sebesar 71,26%. Hal ini berarti
perusahaan atau pemegang saham mayorita adalah pemilik.
Pada kenyataannya MRAT belum mau melepas sahamnya, hal ini di
sebabkan oleh adanya beberapa alasan yaitu:
1.
Mustika Ratu merupakan
perusahaan public yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh keluarga, sehingga
lebih mengutamakan peningkatan kepemilikan dibandingkan dilepakan kepada pihak
lain.
2.
Belum adanya kecocokan harga
yang di tawarkan kepada pihak mustika ratu.
3.
Perusahaan berupaya untuk
menolak merger dan akuisisi dari pihak lain dengan cara sebagian besar sahamnya
di pegang oleh keluarga, hal ini bertujuan untuk membatasi peranan pihak luar
dalam perusahaan tersebut.
4.
Secara finansial Mustika Ratu
untuk membiayai unit-unit usahanya.
KESIMPULAN
PT. Mustika Ratu merupakan perusahaan multinasional yang
berupaya mengembangkan bisnisnya dan menjalankan strategi korporasi yang sesuai
yaitu dengan melakukan banyak merger dan akuisisi kepada perusahaan-perusahaan
local maupun diluar negeri, dimana pemegang saham terbesar perusahaan ini ada
pada keluarga yang bertujuan untuk membatasi peranan pihak lain dalam
perusahaan, sehingga dalam konteks strategi perusahaan ini tidak ingin melepas
sahamnya kepada investor / pihak lain.
Strategi yang dapat dilakukan pihak manajemen PT.
Mustika Ratu untuk memperbaiki strategi promosinya selama ini yang menggunakan
endorser puteri Indonesia. Dalam upaya meningkatkan pertumbuhan penjualan ke
depan, perusahaan senantiasa memperbaiki sistem pendistribusian barang agar
penyebarannya dapat merata ke seluruh pelosok daerah baik melalui cabang-cabang
perseroan yang dibantu dengan depo-deponya maupun dari distributor-distributor
yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Perseroan juga terus
meningkatkan penetrasi pasar di mancanegara yang mengalami pertumbuhan
penjualan cukup besar pada tahun 2005.
Perseroan terus mempertahankan posisinya sebagai
pemimpin dalam pasar domestik dan mancanegara dengan memproduksi dan memasarkan
produk untuk segala jenis usia, jender maupun tingkat social masyarakat.
Sebagai pelopor kecantikan, Perseroan senatiasa mengikuti trend tata rias yang
menjadi dambaan seluruh wanita Indonesia dengan meluncurkan Trend Warna 2006
“Swarna Puspa Swarga” untuk seri Mustika Ratu dan “Uniquely You” untuk seri
Mustika Puteri sebagai trend setter dalam tat arias remaja. Perseroan memiliki
jaringan distribusi yang luas, di beberapa cabang di kota-kota besar di pulau
Jawa ditambah dengan puluhan distributor di seluruh Indonesia dan Mancanegara.
Wah analisis yang bagus Bang... usaha Indonesia harus go International! Aku salah 1 pengguna Mustika Puteri...
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut